Skip to content
Digital Marketing Properti » Panduan Digital Marketing » Jualan Online Di Facebook Dan Caranya Agar Cepat Laku Dan Terjual

Jualan Online Di Facebook Dan Caranya Agar Cepat Laku Dan Terjual

Cara Jualan Online Facebook

Cara jualan online di facebook sebenarnya cukup mudah, sebagai sosial media dengan pengguna terbesar di indonesia tentunya ini adalah peluang yang cukup bagus bagi semua pengusaha yang ingin memasarkan produknya.

Seakan memahami penggunanya, kini facebook juga tidak hanya di gunakan oleh masyarakat untuk berinteraksi atau mencari berita terbaru, tetapi lebih dari itu, dengan semakin maraknya aktivitas usaha di era industri 4.0 seperti sekarang ini.

Mau tidak mau facebook harus ikut berimprovisasi dan memfasilitasi penggunanya, terutama bagi para pengusaha pemula yang kebingungan di tahap2 awal untuk memasarkan produknya.

Oleh Karena itu lah facebook mencoba memberi solusi bagi mereka yang ingin mencoba memasarkan produknya melalui Fitur grup dan marketplace.

Di sini saya hanya akan membahas cara mempromosikan produk melalui grup, untuk cara berjualan di marketplace akan saya bahas di kemudian hari.

Fitur Grup yang di awal-awal tercipta hanya untuk memfasilitasi sesama pengguna yang mempunyai minat dan kelompok yang sama untuk saling berkumpul dan berinteraksi. kini lebih dari itu, facebook juga menyediakan sarana untuk melakukan jual beli, untuk memayungi para pengguna facebook untuk saling berniaga dan melakukan transaksi.

Kelebihan dari mempromosikan produkmu dengan cara ini adalah Gratis, tanpa mengeluarkan biaya sama sekali, selain smartphone dan koneksi internet tentunya.

Untuk kamu yang introvert atau cenderung tidak nyaman untuk langsung berinteraksi dengan orang apalagi sampai harus menawarkan, berjualan dengan posting di grup2 facebook boleh di bilang adalah salah satu cara berjualan secara tidak langsung.

Kamu tidak perlu khwatir di tolak ketika menawarkan, karena mereka yang tertarik dengan produkmu minimal akan komen di postingan daganganmu atau menghubungi langsung.

Jadi jualan dengan cara ini jauh lebih nyaman di bandingkan ketika kita harus menawarkan barang secara door to door.

Panduan Promosi Di Grup-grup Jual Beli Facebook

Bayangkan ketika kamu akan memulai perang, tentu kita tidak ingin mati konyol, karena tidak adanya strategi ataupun rencana sebelum turun ke lapangan. begitu juga dengan jualan online bila kamu melakukannya tanpa persiapan.

Tidak akan sampai mati sia-sia memang, kalau kamu melakukannya tanpa strategi, hanya saja mungkin kamu akan butuh waktu yang sangat lama hingga kamu bisa mendapatkan hasil seperti yang kamu inginkan.

Bayangkan juga apabila kamu berjualan dengan terlebih dahulu menyiapkan stoknya di rumah, tentu akan terjadi dead stock atau barang menumpuk, dengan kata lain modal yang kamu gunakan juga akan tertahan selama produkmu belum laku terjual.

Dengan melakukan segala sesuatu dengan persiapan memang tidak menjamin akan segera pula mencapai sukses, karena ada faktor lain seperti hubungan dengan yang maha kuasa juga terkadang menentukan.

Tetapi paling tidak kita telah melakukan usaha dengan cara terukur danterencana sehingga bisa di analisa.

Siapkan Kata-Kata Untuk Jualan online Atau Materi Iklan

Ini yang pertama kali harus kamu siapkan dengan sangat matang, karena produk sebaik, dan sebagus apapun, apabila kamu tidak bisa menonjolkan atau menyampaikan kelebihan produkmu secara baik, niscaya tidak akan ada yang tertarik.

mengenai cara membuat caption iklan di facebook yang menarik ini saya sudah pernah membahasnya di artikel sebelumnya. silahkan di baca untuk referensi bagaimana caranya membuat iklan yang menarik dan bisa menghasilkan penjualan.

Sesuaikan Produk Dengan Grup Ketika Berjualan

cara jualan online di facebook dengan sukses
cara jualan online di grup facebook

Ada banyak sekali grup jual beli di facebook, dan bila di lihat sekilas hampir semuanya seperti berpotensi untuk “dijuali”.

Tetapi perhatikan grup jual beli di mana kamu memposting produk yang kamu jual, bukan berarti kita tidak boleh memposting jualan helm di grup jual beli motor, karena tidak mustahil hampir mereka yang memiliki motor mungkin tertarik dengan helm yang kita jual bukan?.

Yang perlu di perhatikan adalah segmentasi demografinya, sebagai gambaran apabila yang kamu jual helm, tidak mungkin kamu posting di grup jual beli daster, karena mungkin segmentasi nya berbeda.antara produk untuk laki2 dan perempuan.

Perhatikan Lokasi Grup Facebook Ketika Jualan Online

Terkadang ada grup2 facebook yang menambahkannya dengan lokasi tertentu seperi jual beli sepatu jakarta atau jual beli helm bekasi.

Untuk produk yang berbasiskan lokasi seperti usaha,tentu tidak akan efisien apabila kita ingin mempromosikan produk kita di lokasi yang tidak tepat.

Sebagai gambaran bila usahamu salon yang berlokasi di bogor tidak mungkin kamu promosikan ke grup jual beli yang mayoritas membernya berlokasi di tangerang. selain iklanmu berpotensi tenggelam, tentu tidak akan ada yang tertarik berkunjung ke usahamu apabila jaraknya cukup Jauh.

Atau bila yang kamu pasarkan itu properti dan berlokasi di kediri, tentu tidak mungkin kamu pasarkan di grup jual beli properti jakarta. kadang untuk mempromosikan ini tidak bisa di sama ratakan juga, apabila properti yang di pasarkan itu arena komersial seperti kios atau ruko.

Justru tidak mustahil ketika kita mempromosikan ke grup jual beli surabaya ada yang tertarik dan menjadikannya sarana untuk berinvestasi.

Perhatikan Jam Posting Saat Jualan Online Di Facebook

Berdasarkan Pengalaman saya jam posting Di Grup facebook terbaik Itu ada 3

Antara Jam 07-08 Pagi

ini adalah rata-rata jam ideal di pagi hari ketika orang selesai beraktivitas, entah orang yang berangkat ke kantor dan baru tiba atau emak2 yang baru selesai dengan pekerjaan rumah, di rentang waktu antara jam 08 s/d jam 11 adalah waktu sejenak orang untuk “jeda” sejenak dari aktivitas mereka dan menikmati konten sosial media.

Antara jam 11-14 Siang

Harapannya agar bisa di lihat orang2 di tengah jeda mereka beristirahat siang

Antara Jam 17-21 Malam

waktu yang kebanyakan mayoritas orang sudah selesai dari seluruh rutinitas, waktu untuk posting di sini pun cenderung lebih panjang, karena memang jeda pada waktu ini memang cukup panjang, dimana orang sudah hampir tidak ada aktivitas yang di kerjakan.

Jangan Hanya Mengandalkan 1 Postingan

Usahakan jangan hanya 1 postingan dalam 1 jangka waktu yang sudah saya tulis di atas, sepengalaman saya sekali posting idealnya min 10 di 10 grup yang berbeda pula.

Kalau kamu tekun dan konsisten berarti dalam 1 hari kamu sudah mempromosikan produkmu sebanyak 30 kali.

dalam seminggu berarti iklanmu sudah mencapai 210. kelihatan mustahil dan berat.

tapi percayalah ketika kamu sudah memulai tahapan beriklan itu mungkin kamu hanya lakukan kurang dari 10 menit dalam 1 waktu, apabila sudah terbiasa.

kalau 10 posting dalam 1 waktu terasa berat mungkin kamu mulai dengan 1, kemudian 5 dan terus di tingkatkan, sesuai keinginan kamu.

Harapannya ya dengan semakin banyak kita posting, jangkauan iklan kita akan semakin lebar juga dengan harapan, akan cepat juga mendapatkan penjualan.

Semoga artikel ini bermanfaat, harapannya kamu tidak hanya sekedar membaca karena sehebat apapun ilmu yang kamu pelajari akan menjadi nihil hasilnya, bila tidak kamu imbangi dengan praktek.

karena orang di bilang hebat dan mahir bukan seberapa banyak yang dia tahu, tapi seberapa banyak dia trial dan error dalam usahanya. seperti pepatah “pelaut yang hebat tidak lahir di laut yang tenang”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.