Skip to content
Digital Marketing Properti » Panduan Digital Marketing » Iklan Rumah Di Facebook Dan Cara Membuatnya Agar Cepat Laku Terjual

Iklan Rumah Di Facebook Dan Cara Membuatnya Agar Cepat Laku Terjual

Iklan Rumah Di facebook

Iklan Rumah di Facebook, adalah salah satu cara mengiklankan dan mempromosikan produk properti yang kita jual baik itu rumah tapak, apartemen, kavling dan lain sebagainya, dengan harapan apa yang kita tawarkan bisa banyak menjangkau banyak calon pembeli dan mempercepat penjualan.

Lebih dari 10 tahun yang lalu kita mengenal facebook hanya sebagai sosial media atau situs yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi baik itu dalam bentuk teks, gambar bahkan dalam bentuk video.

Seiring berjalannya waktu Facebook mengeluarkan fitur grup di mana sekumpulan pengguna yang mempunyai minat dan ketertarikan yang sama dapat saling berkumpul agar informasi yang di bagikan ke sesama pengguna bisa menjadi lebih spesifik.

Tak puas sampai di situ, seiring semakin banyaknya facebook di gunakan sebagai platform untuk melakukan jual beli oleh para penggunanya, pada 2016 facebook meluncurkan facebook marketplace .

Baik beriklan dengan menggunakan grup. marketplace ataupun facebook ads, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat iklan rumah di facebook, agar penawaran kita bisa menarik perhatian dan menghasilkan pembelian.

Sebelum kita melakukan promosi di facebook baik di grup ataupun marketplace perhatikan gambar di bawah bagaimana secara “default” iklan kita di tampilkan:

Contoh Iklan di grup facebook

Secara default Facebook membatasi tulisan yang kita tampilkan di dalam iklan kita maksimal hanya 5 baris. tak peduli seberapa banyak kalimat dalam penawaran yang kalian tulis. sehingga bila kita ingin mengetahui keseluruhan penawaran yang di tuliskannya kita harus men”tap” tulisan : Lihat Selengkapnya.

Seperti pada gambar di bawah :

Cara Iklan Properti Di Facebook

Ini berlaku di saat kamu menggunakan fitur Grup ataupun Marketplace Bahkan Apabila Kamu Beriklan Menggunakan Facebook Ads. untuk beriklan, Dimana Semua Kalimat Penawaran Yang Kamu Tuliskan Hanya terlihat sebagian. seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Lalu bagaimana cara membuat promosi properti yang terbukti bisa meningkatkan penjualan? berikut beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk membuat penawaran iklan yang menarik.

Buat Iklan Rumah di Facebook Dengan Headline Yang Menarik

Contoh Headline Copywriting Rumah
Salah satu iklan saya yang headline nya saya rasa cukup menarik

Headline atau judul adalah yang pertama kali di lihat oleh pengguna facebook.

Saat orang pertama kali membuka facebook pikiran mereka dalam keadaan kosong, atau dalam kondisi netral,

Dan kamu hanya memiliki waktu “3 detik”,

“Serius” 3 detik pertama adalah waktu yang paling menentukan,

apakah iklanmu menarik perhatian mereka atau mereka akan melanjutkan untuk “Scroll” atau menggulung halaman facebook ke bawah.

Dan semua Konten, Iklan atau apapun yang di bagikan di facebook mempunyai peluang yang sama.

“Hanya 3 detik” untuk mendapatkan perhatian.

Tidak Percaya? Coba di ingat-ingat lagi bagaimana caramu menikmati konten di facebook. setelah melihat tulisan ini mungkin kamu baru menyadari bahwa kamu melakukan hal yang sama.

Masih berkaitan dengan Headline/Judul, semua orang pasti ingin agar produknya laku terjual ketika beriklan.

Tidak terkecuali kamu. Apapun masalahnya, kenapa properti yang kamu promosikan harus laku terjual, bisa karena kamu butuh uang (heyy itu bukan masalah pribadi tapi hampir setiap orang), Karena di marahi atasan, Karena target tidak tercapai, atau apapun itu.

Itu adalah masalahmu.

Yang Perlu kamu pahami adalah. manusia pada dasarnya egois, hanya sedikit, sangat-sangat sedikit sekali, orang yang hidup tanpa dasar egoisme. Karena semua tindakan manusia, baik melalui pikiran, ucapan dan perbuatan fisik bertujuan untuk memuaskan diri sendiri.

Untuk membuat Headline yang menarik buatlah sudut pandang yang dapat memenuhi hasrat ke egoisan manusia.

Masih bingung? sederhananya buatlah satu alasan:

“Mengapa orang harus membeli properti saya”

Tidak masalah kalau dalam membuat Headline harus clickbait, Lebay, Sedikit bisa memancing emosi, agak emosional juga terkadang perlu, untuk bisa memicu rasa penasaran.

Karena bila headlinemu tidak menarik, maka promosimu tidak akan bisa mendapatkan atensi atau perhatian dalam 3 detik pertama, dan iklanmu akan menjadi sia-sia

Headline adalah segalanya, langkah awal dalam membuat headline yang salah, akan sangat mempengaruhi apakah propertimu akan cepat terjual atau tidak.

Saya sendiri hanya untuk membuat sebuah Headline kadang saya memikirkannya hingga 3 hari, cukup lama memang karena resikonya bila saya gagal dalam membuat headline iklan saya akan menjadi boncoss dan tidak akan menciptakan penjualan,

Karena Saya mempromosikan produk properti saya lewat facebook ads.

Pada Bagian Adscopy Berikan Penjabaran Tentang Propertimu

Ini adalah bagian yang paling mudah. cukup jabarkan apa kelebihan atau nilai lebih dari propertimu, seperti luas tanah, luas bangunan, berapa kamar, di lengkapi apa saja, listrik berapa watt dan sebagainya.

Setelah itu jabarkan pula akses yang terdekat apa saja, Tidak harus dekat tol, stasiun ataupun bandara, dekat dengan sarana pendidikan, pasar atau pun fasilitas publik lainnya seperti mall, stadion juga bisa menjadi nilai tambah

Beri Gambar (Yang Juga) Menarik Pada Iklan Rumah di Facebook Mu

Manusia adalah makhluk visual dimana sebelum kita memutuskan untuk tertarik pada sesuatu, tentu yang pertama kali kita lihat adalah “tampilannya”

Karena itu penting sekali untuk tidak menampilkan foto propertimu secara “apa adanya” terlebih ketika akan kamu gunakan untuk beriklan.

Perhatikan pencahayaan ketika mengambil gambar, lebih di sarankan untuk mengambil gambar di siang hari untuk pencahayaan yang baik, hindari memfoto objek properti ketika mendung,

Untuk menciptakan foto yang lebih artistik cobalah mengambil gambar tidak hanya dari depan, bisa dari samping, atau gunakan sudut rendah ketika mengambil gambar, cobalah bereksplorasi.

Sebutkan Lokasi Proyekmu Tapi Jangan Terlalu Detail

Saya tahu bagi kamu semua agen properti, ini adalah salah satu hal yang paling kamu benci, yaitu ketika calon konsumen melakukan survei lokasi tanpa konfirmasi, betapa tidak usaha dan kerja keras kita dalam beriklan terasa sia-sia bukan.

Karena bisa jadi ketika dia berminat dia tidak melakukan transaksi dengan kita, di karenakan survey yang tanpa terlebih dahulu melakukan konfirmasi.

Solusinya kamu tidak harus menyebutkan nama jalan pada objek propertimu, cukup sebutkan nama perumahan tanpa harus menhyebutkan blok atau nomor rumahnya.

Solusi lainnya adalah kamu bisa menyebutkan nama daerah, atau nama kecamatan di mana lokasi properti kamu berada.

Tambahkan Tombol Tindakan Di Akhir Iklan

Ini adalah akhir ketika membuat promosi dalam beriklan, ketika calon konsumen melihat iklan kita dan tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Alih2 hanya memberikan atau menuliskan nomor handphone, kamu bisa menambahkan link langsung yang bisa langsung di klik untuk dapat langsung terhubung ke nomor whatsapp kamu.

Untuk membuatnya lebih cepat dan singkat, alih2 dengan memberi nomor biasa, akan merepotkan ketika mereka harus mengetik dan menyimpan no kamu secara manual di handphonenya.

Caranya adalah cukup menulis wa.me/(ganti angka 0 dengan 62)nomor handphone

contoh : https:wa.me//6289687111874

mohon di perhatikan penggantian angka “0” dengan angka “62” karena banyak sekali saya melihat kesalahan ini ketika melihat teman2 agen beriklan.

contoh :

wa.me/6289687111874 (benar)

wa.me/089687111874(salah)

Kesalahan dalam penulisan ini akan menyebabkan tautan atau link yang di klik tidak terhubung langsung dengan no whatsapp kita.

Dengan membuat tautan klik wa langsung, akan membuat calon konsumen, menghubungimu lebih cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam closing 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.