Skip to content
Digital Marketing Properti » Panduan Digital Marketing » Belajar Facebook Ads Dari Nol Untuk Membuat Iklan Properti Yang Laris

Belajar Facebook Ads Dari Nol Untuk Membuat Iklan Properti Yang Laris

Cara mudah belajar facebook ads

Sebelum Belajar Facebook Ads dan menggunakannya untuk promosi properti, saya juga pernah menggunakan cara “manual”, yaitu dengan mempromosikan iklan properti saya ke banyak grup di facebook, Tidak hanya grup jual beli rumah, atau properti di facebook.

Tapi juga “Bergerilya” dan membabi buta ke seluruh grup seperti jual beli helm, jual beli motor, jual beli mobil dan lainnya, terlihat konyol? tentu, tapi pandangan saya tidak, karena terkadang tidak secara spesifik orang yang akan mencari rumah, akan terus memantau grup yang sama.

Bisa jadi mereka ada di grup yang lain, dan tiba2 mereka seperti mendapat “aha moment” ketika melihat iklan kita, bagi saya kunci closing adalah terus melakukan promosi tanpa henti, tanpa bosan, karena tanpa promosi, setiap penjualan akan mati.

Mengenai Cara Beriklan di facebook ini saya sudah pernah membahas pada artikel sebelumnya, bagaimana caranya. intinya sama, namun kita akan menggunakan cara yang lebih “advance” lagi untuk beriklan yaitu menggunakan algoritma facebook untuk mempromosikan properti kita.

Dan cara membuat iklan yang bagus di artikel sebelumnya bisa di gunakan untuk membuat iklan di materi ini.

Beriklan di grup-grup facebook memang gratis, namun melakukan postingan yang sama secara terus menerus akan membuat akunmu di bekukan sepihak oleh facebook. dengan tidak bisa posting lagi di facebook,Karena di anggap melakukan aktivitas “Spamming”. masa “penalti” ini tidak bisa di perkirakan, bila beruntung hanya 3 hari, namun bila apes bahkan kadang bisa seminggu sebulan, atau selamanya. ya “suka-suka si mark” kalau kata advertiser

Kalau akunmu tidak bisa posting otomatis promosimu terhenti, dan ingat lagi tanpa promosi bisa di pastikan penjualan propertimu akan mati. mungkin tidak masalah bila hanya beberapa hari, namun bagaimana bila lebih, atau bahkan selamanya?.

Solusinya saya belajar menggunakan faceboook ads untuk beriklan, di awal memang terasa sulit, selain itu budget iklan yang telah saya keluarkan juga tidak sedikit, namun seiring saya belajar menggunakan facebook ads, terasa sekali perbedaan yang cukup signifikan.

beberapa di antaranya yang saya rasakan seperti :

Belajar Facebook Ads Membuat Iklan Lebih Tertarget

Tidak seperti beriklan gratisan di grup, kita tidak bisa memilih siapa saja yang bisa melihat iklan kita dan juga jenis kelaminnya, seringkali iklan kita tidak di tampilkan pada orang yang tepat, dengan menggunakan facebook ads banyak sekali parameter yang bisa kita tentukan seperti jenis kelamin, umur, pekerjaan, & lokasi.

Dengan demikian hanya orang2 yang kita pilih sesuai keinginan yang bisa melihat iklan kita, tentu semakin segmented target market yang melihat iklan kita, di harapkan properti kita bisa lebih cepat dan banyak terjual.

Hanya 1 Kali Posting Iklan Berjalan 24 Jam

Kalau kamu ingin semakin banyak yang melihat iklanmu, berarti kamu juga harus mempostingnya lebih banyak, di banyak grup facebook. Posting sebanyak-banyaknya dan lakukan terus setiap hari, karena bisa jadi postinganmu di grup berpotensi tenggelam.

Tapi dengan menggunakan facebook ads, kita hanya perlu membuat1x postingan dan iklanmu berpotensi di tayangkan 24 jam sehari terus menerus tanpa libur (tergantung budget).

Dengan Belajar Facebook Ads Iklan Lebih Mudah Di Analisa

Ketika ada yang menghubungimu setelah kamu beriklan, mungkin karena terlalu banyak yang sudah kamu posting, kamu sampai lupa postingan dari iklan yang mana yang membuat kamu mendapatkan calon konsumen, karena sudah terlalu banyaknya grup yang sudah kamu posting.

Namun tidak dengan facebook ads, ada banyak sekali parameter yang bisa kamu lihat, seperti jumlah orang yang melihat iklan kamu, berapa banyak laki-laki atau perempuan yang sudah melihat, berapa banyak orang yang sudah mengklik iklan kamu. dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui parameter ini tentu kita bisa membuat analisa dari performa iklan kita, kita bisa menghentikan iklan kita apabila performanya buruk dan membuat iklan baru dengan mengecualikan parameter jelek yang kita temukan dari iklan sebelumnya.

Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Menggunakan Facebook Ads

Akun Bisnis Manager

Ini adalah dashboard atau halaman untuk mu memantau performa iklanmu buat di sini business facebook

Budget Iklan

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa beriklan di facebook, bisa di mulai dari budget 10 ribu sehari, namun menurut saya kurang efektif, karena budget menentukan seberapa besar jangkauan iklan kita, semakin besar budget iklan yang kamu keluarkan semakin besar juga jangkauan iklan yang bisa kamu dapatkan.

Ibarat dengan 10 ribu iklanmu hanya di perlihatkan pada 100 orang namun dengan 100 ribu berarti iklanmu di lihat oleh 1000 orang, kita tentu berharap iklan kita menjangkau seluas-luasnya bukan?.

Halaman Facebook

Halaman iklan atau fanspage adalah di mana iklanmu di buat dan di tampilkan kamu bisa buat di sini Halaman facebook

Tahapan membuat iklan facebook

Sebelum membuat iklan pastikan kamu sudah menyiapkan materi iklan atau yang biasa di sebut dengan adscopy, materi iklan yang harus di siapkan adalah:

-Text Iklan
-Gambar
-Video
-Kombinasi Antara Ketiganya 

Buat Variasi dalam setiap materi yang sudah di siapkan untuk melakukan test, materi mana yang menghasilkan hasil paling bagus.

Tentukan Objective

Objective Facebook Ads

Facebook memiliki banyak sekali objective atau tujuan beriklan, di mana setiap objective yang di sediakan ini dapat memberikan hasil yang berbeda-beda.

Awareness
Untuk meningkatkan kesadaran para pengguna facebook, untuk bisa lebih mengenali produk atau jasa yang kamu tawarkan, pada tahapan ini tujuan beriklanmu hanya 2 yaitu Brand awareness(mempromosikan merk), atau reach (menjangkau pengguna sebanyak-banyaknya)
Consideration
Di targetkan untuk mereka yang sudah mulai paham dan tahu dengan produkmu, di sini kamu bisa memilih tindakan apa yang kamu inginkan ketika iklanmu di lihat oleh para pengguna facebook apakah traffic(Kunjungan situs), engagement(memberikan tanggapan pada iklan), App Install (memasang aplikasi), Video Views(Melihat Video), Lead generation (mengumpulkan data pengguna) dan messages (mengirim pesan)
Conversion
Pada tahapan ini iklanmu sudah mencapai tahap sudah banyak di ketahui oleh pengguna, sehingga penargetan iklamnmu di pilih pada orang-orang yang ingin mereka melakukan tindakan pada iklanmu yaitu conversion(pembelian), catalogue sales, atau store traffic

Pilih objective iklanmu secara cermat, agar bisa memberikan hasil yang kamu harapkan.

Menentukan Detail Pemirsa Yang Akan Melihat Iklan Kita

Pilih Dimana Iklan Kamu Akan Di Tayangkan

Siapkan Biaya Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published.