Skip to content
Digital Marketing Properti » Panduan Digital Marketing » Agen Properti Sukses Dan 7+5 Trik Rahasia Untuk Mencapainya

Agen Properti Sukses Dan 7+5 Trik Rahasia Untuk Mencapainya

Menjadi Agen Properti Yang Sukses

Menjadi Agen Properti Freelance independen yang sukses adalah impian hampir setiap agen properti. Namun seperti profesi lainnya tidak ada keberhasilan instan yang bisa di raih hanya dalam waktu 1 malam. di butuhkan keinginan yang kuat, konsistensi dan ketekunan untuk bisa mencapai hasil yang kita inginkan.

Kabar baiknya menjadi agen properti freelance yang sukses bisa di capai oleh siapa saja, tidak peduli apapun latar belakang pendidikan, pekerjaan profesi ataupun ketrampilan sebelumnya yang kamu miliki, selama kamu yakin dengan apa yang kamu kerjakan, selalu ingin belajar dan selalu konsisten dan menikmati setiap prosesnya.

Banyak sekali agen Properti yang sukses meraup keuntungan besar dari hasil berjualan properti, Tak sedikit pula dari mereka yang mampu membeli mobil, rumah, atau mungkin jalan-jalan ke luar negeri berkat keuntungan tersebut. dan apabila kamu berhasil di bidang ini menjadi agen properti freelance tentunya bisa memiliki kebebasan waktu di bandingkan pekerjaan lainnya yang harus dikerjakan penuh waktu.

Terdengar menggiurkan bukan?

Kamu harus memiliki keterampilan yang tepat. Pertama dan terpenting, Kamu akan membutuhkan banyak keterampilan memahami lokasi yang kamu pasarkan. Kamu harus tahu kelebihan dan kekurangan properti yang kamu pasarkan, Kamu juga harus dapat menggunakan keterampilan riset kamu untuk digunakan dalam memasarkan layanan kamu. kamu harus bisa memasarkan diri kamu secara efektif dan meyakinkan.

terutama jika kamu ingin menguasai pasar. Keterampilan penting lainnya untuk agen properti independen yang sukses adalah pemasaran. Ini berarti tidak hanya memasarkan Properti, tetapi juga memasarkan diri Kalian sebagai individu. Penting untuk memproyeksikan citra positif, apakah Kalian mewakili agen dimana kantor kamu bekerja atau diri Kalian sendiri.

Kamu juga perlu bersiap untuk setiap negosiasi potensial yang akan muncul. Sangat penting untuk dapat menjual diri Kalian dan layanan Kalian, bahkan jika pasar saat ini tidak berkinerja baik. Agen properti independen lepas menjadi semakin populer, karena ada permintaan besar untuk layanan mereka. Agen properti independen dapat bekerja dari rumah, sehingga mereka memiliki banyak keuntungan dibandingkan Agen properti penuh waktu.

Kamu dapat bekerja kapan pun dan menghasilkan uang sebanyak mungkin. Tidak ada jam atau hari tertentu dalam seminggu kamu harus bekerja; Kamu hanya perlu berkomitmen beberapa jam setiap hari selama waktu itu Kamu akan bekerja. Sebagai agen properti independen, dibutuhkan banyak kerja keras dan ketekunan untuk membangun karier yang sukses.

Namun, hasilnya bisa begitu sangat luar biasa, terutama jika Kamu memiliki keterampilan yang tepat dan tahu cara memasarkan diri sendiri. Secara keseluruhan, dibutuhkan banyak kerja keras dan ketekunan untuk menjadi agen properti independen yang sukses. Namun, dengan keterampilan yang tepat dan strategi pemasaran yang baik, sangat mungkin untuk membangun karier yang sukses di bidang ini.

agen properti independen adalah orang perseorangan atau pihak (perusahaan pialang) yang mengatur transaksi antara pembeli dan penjual, Mereka mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut lewat komisi sesuai kesepakatan ketika bisnis dijalankan,Secara umum, Tanggung jawab utama agen properti independen adalah untuk menjadi fasilitator antara pembeli dan penjual.

Dalam prakteknya tidak di benarkan seorang agen properti independen mendapatkan keuntungan dari markup atau menaikkan harga dari harga jual properti, selain bisa merugikan pemilik rumah, properti yang di jual di atas harga wajar tentu hanya membuat properti semakin lama bisa terjual.

keuntungan yang di peroleh agen properti murni hanya dari persentasi komisi yang sudah di sepakati oleh pemilik rumah yang berkisar antara 2% sampai 3%. berapapun harga properti itu terjual yang terkadang ada sedikit negosiasi di sana.

7+5 Rahasia Menjadi Agen Properti Yang Sukses

1. Marketing PropertiTidak Boleh Berhenti Belajar

sikap belajar terus-menerus dan peningkatan adalah kunci agar kita menjadi ahli dalam berbagai bidang. Begitu juga dengan menjadi agen properti. apapun latar belakang anda sikap “mengosongkan gelas” seperti yang pernah disampaikan Alm Bob Sadino adalah penting.

Karena hanya dengan sikap ini, pikiran kita menjadi lebih terbuka, untuk menerima setiap pembelajaran, karena ketika kita mempelajari suatu bidang baru dari yang pernah kita jalani sebelumnya selalu akan ada perubahan yang berbeda dari apa yang sudah kita pahami sebelumnya.

2. Tidak Pernah Berhenti Promosi adalah “Koentji” Menjadi Agen Properti Sukses

Promosi adalah kunci dalam setiap closing penjualan. apapun bisnis ataupun usahanya, tidak terkecuali dalam memasarkan properti, Lakukan promosi secara konsisten dan terus menerus, Karena tanpa promosi orang-orang tidak akan mengetahui apa yang kamu pasarkan.

penting juga memahami prinsip pareto dalam penjualan properti seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya.

3. Jadikan Kontak Yang Masuk Sebagai Aset

Apapun media promosi yang sudah kamu lakukan baik itu secara organik (gratis dan alami) dan anorganik ( berbayar). kontak yang sudah menghubungi kamu adalah aset yang berharga. jangan pernah menyia-nyiakan kontak yang sudah masuk.

Selalu awali setiap percakapan chat yang masuk dengan salam, Selalu simpan kontak dari chat yang sudah masuk dan arahkan mereka juga untuk menyimpan nomor kamu.

Karena bisa jadi meskipun mereka tidak membeli atau melakukan transaksi properti dengan kamu hari ini, bisa jadi di masa depan mereka akan membeli, orang tidak membeli saat ini bisa jadi bukan karena tidak mau.

Hanya mungkin kondisi finansial yang mungkin saat ini memang belum mampu, kondisi jarak yang mungkin belum memungkinkan karena sedang bekerja di luar kota, beberapa masalah sosial atau keluarga, properti yang di tawarkan belum sesuai keinginan atau bisa jadi karena belum terdukasi dan kurangnya literasi tentang properti yang akan di beli.

4. Selalu Sapa Kontak Prospek Anda

Menyapa calon konsumen tidak harus dengan menghubungi satu2 melalui chat atau obrolan, dengan era media sosial seperti saat ini, kita semakin di mudahkan karena kita bisa menyapa mereka lewat status-status di sosial media baik itu Whatsapp, Tiktok, atau facebook.

kita bisa menyapa sekaligus melakukan promosi melalu status yang kita buat di media sosial, ataupun bisa juga memberikan edukasi tentang properti yang kita jual. semakin sering kita menyapa mereka dengan membuat status2 melalui media sosial di harapkan “branding” kita sebagai agen properti independen semakin kuat.

Sehingga suatu saat butuh, tanpa ragu lagi mereka akan menghubungi kita tanpa ragu.

5. Tekun, Ulet & Konsisten

Terkadang melakukan hal yang sama terus menerus tanpa bisa mengetahui hasil seperti apa yang bisa kita dapatkan di masa depan, terkadang bisa terasa menjadi begitu melelahkan,

Padahal bisa jadi apa yang selama ini sudah kita lakukan dan perjuangkan hanya tinggal selangkah lagi menuju kesuksesan, namun kita sudah menyerah terlalu cepat.

Saat sudah mulai pesimis atas hasil yang belum kita dapatkan dari usaha yang kita lakukan, cobalah ingat lagi tujuan yang ingin kamu capai, penghasilan yang besar? kebahagiaan keluarga, atau memiliki kebebasan waktu>

Saya sendiri membuat 1 Quote untuk memacu semangat saya ketika terkadang ada perasaan ingin menyerah, lelah dan ingin berhenti memperjuangkan yang selama ini sudah saya lakukan.

Berjualan Memang Sulit, Tapi Percayalah Sesulit-sulitnya Keadaan Ketika Kamu Berjualan, Jauh Lebih Sulit Keadaan ketika Kamu Tidak Memiliki Uang

Arief Pribadi

Jadi ciptakan motivasi untuk dirimu sendiri ketika akan menyerah, karena motivasi yang kamu dapat atau dengar dari motivator terhebat sekalipun, tidak akan mengubah keadaan kalau kamu tidak bisamembangkitkan motivasi untuk diri kamu sendiri

6. Perluas Wawasan Kamu Sebagai Agen Properti

Memiliki wawasan sangat di perlukan untuk menjadi agen properti, tentu saja tidak semua informasi kita serap, hanya beberapa hal yang bersifat umum saja yang minimal kita ketahui. sebagai gambaran kamu mungkin tidak harus tahu dan paham liga apa saja dan klub apa saja yang ada dalam sepak bola tapi minimal kamu harus tahu siapa itu Christano Ronaldo.

Percaya atau tidak 80% obrolan saya ketika prospek kepada calon konsumen adalah seputar topik yang menjadi minat konsumen apapun itu, baik mengenai otomotif, sepak bola, pekerjaan atau apapun itu.

Ketika kedekatan emosional melalui obrolan sudah bisa di ciptakan barulah lakukan closing penjualan di akhir obrolan, karena seringkali transaksi tercipta ketika kita bisa membangun kedekatan emosional daripada langsung berjualan

7. Sebagai Agen Properti Kamu Wajib Meningkatkan Ketrampilan Public Speaking

kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki Agen Properti, Ketrampilan yang kerap digunakan untuk melancarkan urusan pribadi, bisnis, maupun Penjualan ini tercatat sebagai salah satu kunci kesuksesan hampir sebagian besar tokoh dunia. 

Karena tidak mungkin akan tercipta penjualan tanpa adanya ketrampilan berbicara yang baik antara agen properti dan calon konsumen.

Kunci utama dari ketrampilan public speaking ini adalah “practise makes perfect” tidak ada cara lain untuk meningkatkan ketrampilan berbicara kamu selain dengan melatihnya dengan cara bertemu semakin banyak orang.

Usahakan menjawab setiap pertanyaan konsumen dengan jawaban yang panjang agar kamu terlihat semakin profesional dan juga untuk menciptakan kedekatan emosional.

5 Tips Tambahan Yang Kamu Perlukan

A. selalu sisihkan anggaran untuk promosi

Apapun bisnisnya tanpa melakukan promosi sudah pasti bisnis akan mati, selalu sisihkan pendapatan atau komisi yang kamu terima sebagai anggaran untuk promosi, besarannya bisa antara 20% sampai 30% dari komisi yang kamu terima.

Jangan sampai semua komisi yang kamu terima kamu habiskan semua untuk biaya kebutuhan hidup

dimana anggaran ini bisa kamu gunakan untuk iklan berbayar di platform jual beli properti, ataupun beriklan di sosial media

B. Bergabunglah Dengan Komunitas Yang Tepat

Penting sekali kamu bergabung atau memiliki teman dengan profesi yang sama, selain agar kamu tidak seperti “katak dalam tempurung” berkumpul dengan teman2 seprofesi bisa juga menjadi sarana untuk bertukar database calon konsumen atau pun bertukar database proyek yang kamu jual.

Karena rezeki yang kita dapatkan bisa jadi harus melewati perantara melalui orang lain.

C. Jangan Hanya Mengandalkan 1 Media Untuk Promosi

Digital Marketing berubah begitu cepat dan dinamis seiring dengan semakin cepatnya perkembangan teknlogi itu sendiri, cara yang saat ini kita gunakan untuk promosi bisa jadi menjadi tidak relevan dalam 2 atau 3 bulan ke depan.

Selain itu dengan menggunakan berbagai media untuk beriklan kita juga bisa meningkatkan jangkauan promosi properti kita, dengan harapan semakin luas jangkauan iklan kita semakin cepat dan banyak juga kita bisa menjual properti.

D. Nikmati Setiap Prosesnya

Ketika kamu sudah memulai langkah pertama kamu dengan menjadi agen properti jangan punya ekspektasi terlalu tinggi, atau berharap hasil yang besar dalam waktu singkat, karena ketika ekspektasimu tidak tercapai, semangat atau usahamu pelan2 mungkin akan menjadi hilang.

sebaliknya ikuti saja alur nya dengan melakukan promosi yang rajin, lakukan follow up prospek dengan baik yang di lapangan hingga berujung closing.

E. Ukur Keberhasilan Dari Pencapaian Diri Sendiri Bukan Keberhasilan Orang Lain

Seringkali pencapaian yang sudah di capai oleh rekan seprofesi kita membuat kita minder, dan rendah diri di saat yang lain bisa closing dalam jumlah yang cukup banyak sementara kita belum.

Namun mungkin kita tidak mengetahui proses yang sudah di jalani di balik keberhasilan seseorang, bisa jadi dia telah mengeluarkan anggaran promosi yang besar, bisa jadi dia melakukan follow up secara brutal & membabi buta, bisa jadi juga itu konsumen 3 bulan yang lalu baru terjadi closing.

lebih baik fokus dengan pencapaian yang sudah kita lakukan & terus menerus meningkatkannya, misal yang tadinya kita hanya posting 1 atau 3 listing di marketplace kita terus menambahnya hingga puluhan listing,

Ketika biasanya follow up kita di akhir pekan hanya beberapa konsumen kita meningkatkannya hingga puluhan konsumen, lakukan terus, berulang dan jangan bosan tidak mustahil apa yang sudah kita lakukan ternyata hanya selangkah mendekati hasil yang kita inginkan.

Selamat Berjuang Para Agen Properti Freelance

Leave a Reply

Your email address will not be published.